Kamis, 09 Desember 2010

TO 2 : kaitan teori belajar dengan proses ujian online

Kaitan Proses TO 1 dengan teori belajar

1. Teori belajar Piaget
Menurut Piaget, informasi baru yang kita pelajari tidak boleh teralu sulit atau terlalu mudah dikarenakan agar proses akomodasi dan asimilasi dapat tejadi. Proses akomodasi dapat ditinjau dari bagaimana saya yang pada mulanya kebingungan mengenai ujian online kemudian memahami proses dan langkah-langkah dalam ujian online, di dalam struktur kognitif terbentuk skema mengenai proses ujian online. Proses asimilasi terjadi ketika saya membuat posting jawaban ujian online saya di blog dimana cara saya memposting jawaban serupa dengan cara yang biasanya saya pakai untuk memposting tugas di blog.

2. Teori belajar Skinner
Comment yang ibu Dina berikan merupakan reinforcement positif untuk saya dimana dari respon kami terhadap pertanyaan, ibu memberikan feedback kepada kami tentang bagaimana jawaban kami. Comment ibu menjadi motivator atau penyemangat untuk kita untuk lebih baik dalam ujian.

3. Teori belajar Pask
Teori mengenai conversational process dalam belajar. Itulah yang terjadi ketika kita menggunakan google talk untuk berkomunikasi dan juga proses ibu memposting soal di blog belajar sebenarnya itu merupakan proses conversation yang terjadi antara dosen dan mahasiswa pada saat ujian online.

4. Teori Belajar Thorndike
Law of readiness dimana ketika seseorang siap melakukan sesuatu dan tidak melakukannya akan membuat orang merasa terganggu. Ketika kita siap untuk menghadapi ujian online dengan belajar di rumah atau mempersiapkan diri maka dengan adanya proses TO ini, kita dapat mengerahkan semua kemampuan kita untuk TO ini. Posting ibu untuk merefresh merupakan salah satu pemicu yang membantu kami untuk siap dalam menghadapi TO 2 karena kita diberikan clue mengenai TO berikutnya.

Transfer of training terjadi dimana proses TO online merupakan salah satu bentuk persiapan agar nantinya sewaktu UAS, kita bisa siap untuk menghadapi UAS mata kuliah Psikologi Belajar yang sebenarnya. Selain itu, apa yang kita hadapi dalam TO online ini kurang lebih akan serupa dengan TO yang akan kita hadapi di UAS. Jadi skill apapun yang kita kerahkan dalam TO online serupa dengan skill yang harus kita kerahkan untuk ujian UAS.

Law of Practice terjadi ketika proses dua kali TO online merupakan cara yang dilakukan untuk membiasakan kami dengan ujian sebenarnya yang akan kami hadapi. Semakin terbiasa kami dengan ujian online maka kami akan melakukan performansi yang terbaik dalam ujian dibandingkan jika kami sama sekali tidak tahu bagaimana cara ujian online.

5. Teori Belajar Gagne
Peristiwa belajar Gagne juga terdapat dalam proses TO ini yaitu :
1. Motivasi
TO ini dilaksanakan untuk memudahkan mahasiswa dalam ujian nanti, hal itulah yang membuat kami penasaran dan termotivasi dalam mengikuti TO online. Rasa penasaran kami juga timbul karena bagi beberapa dari kami ujian online merupakan hal yang baru.

2. Apprehending
Hari TO pun tiba dan kami bersiap dengan cara membaca ulang materi yang pernah dipelajari untuk merefresh ingatan kami. Ketika Kita bertemu di group chat dan berdiskusi, itulah saat yang kami sadari sebagau tanda dimulainya ujian (sebelum ibu memposting soal di blog psikologi belajar)

3. Acquisition
Setelah mengetahui ada soal yang diposting di blog maka kami pun segera memasukkan stimulus (postingan soal di blog) ke dalam struktur kognitif dan hasilnya kami memikirkan respon apa yang harus kami berikan.

4. Retention
Setelah TO 1 berakhir, kami memiliki skema mengenai bagaimana TO online berlangsung

5. Recall
Sehari sebelum menghadapi TO 2, saya mencoba mengingat proses TO 1, kira-kira kendala apa yang saya temui dalam TO 1 dan berusaha mempersiapkan diri saya dengan baik untuk menghadapi TO 2

6. Generalization
TO 2 berlangsung dan saya mengaplikasikan apa yang saya ketahui dari TO 1 ke TO 2, misalnya : mengecek blog belajar, sign in ke blog dulu untuk memudahkan proses menjawab soal TO

7. Performance
Sewaktu menerima soal TO 2, saya langsung mengerjakan soal dan hasil dari jawaban saya akan saya post di blog

8. Feedback
Pada TO 1 yang lalu, Bu Dina ada memberikan comment di posting jawaban kami (mungkin itu belum semua mahasiswa) tetapi saya berharap agar TO 2 ini juga diberikan feedback agar kita tau mana kekurangan kita dan memperbaikinya agar lebih baik

6. Teori belajar Kolb
Dalam proses TO ini secara tidak langsung kita menjadi doer (accommodator) dimana eksprimentasi aktif dan pengalaman konkrit menjadi focus utama. Proses kita menjalani TO online merupakan proses concrete experience sedangkan bagaimana kita mengaplikasikan teori belajar untuk menjawab soal TO online ini merupakan active experimentation.

Referensi
Hergenhahn, B.R & Olson, M.H. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar). edisi ke-7. Jakarta : Kencana Prenada Mulia

Bigge, Morris. 1982. Learning Theories for Teachers. New York : Harper & Row

2 komentar:

  1. Winda...
    sesungguhnya muatan jawabanmu baik. namun penyajiannya atau pilihan bahasa dalam merangkai uraiannya membuat jawabanmu kurang nyama dibaca.

    Jika diibaratkan rangakaian bunga, sesungguhnya bunga yang kamu rangkai bunga-bunga yang baik dan berkualitas, namun cara merangkainya kurang tepat, sehingga estetika serta nilai bunga yang baik tadi tidak kelihatan.

    Semoga dikesempatan mendatang kinerja yang kamu tampilkan bisa lebih optiman ya.

    take care,
    di

    BalasHapus
  2. Oc, bu.. Bu, saya boleh minta masukan. Berarti lain kali karya tulis saya harus lebih disederhanakan atau dispesifikasikan ya,bu? Thx..

    BalasHapus