Kamis, 02 Desember 2010

Pendekatan melalui teori Ausubel & Thorndike

Proses saya merefresh bahan ujian merupakan penerapan dari teori kognitif Ausubel dimana tujuan saya mempelajari ulang bahan supaya apa yang sudah terekam di skema saya dapat dimunculkan kembali. Jika kita sudah memiliki skema di dalam struktur kognitif tetapi kita tidak melakukan pengulangan untuk memperkuat apa yang sudah pernah dipelajari maka skema itu bisa dilupakan. Selain itu kita perlu membuat materi belajar meaningful agar mudah diingat, dimana ketika saya belajar tadi saya coba mengkaitkan materi dengan contoh kehidupan nyata. Proses belajar yang saya lakukan bertujuan agar saya siap menghadapi simulasi ujian online. Menurut Thorndike, law of readiness : jika kita siap,maka ketika kita melakukannya, hasil kerja kita akan maksimal.

Referensi

Hergenhahn, B.R & Olson, M.H. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar). edisi ke-7. Jakarta : Kencana Prenada Mulia

http://lpmpsumsel.org/index.php?option=com_content&view=article&id=84:teori-teori-pembelajaran-menurut-aliran-psikologi-behavioristik-2 (TEORI-TEORI PEMBELAJARAN MENURUT ALIRAN PSIKOLOGI BEHAVIORISTIK (2), akses 2 desember 2010)

2 komentar:

  1. winda..
    untuk jawabannya relatif sudah baik..
    jika dibarengi dengan tata tulis dan setting yang baik akan lebih sempurna.

    untuk daftar refensi, harapannya bisa diperbaiki dan lebih baik ya.
    take care

    BalasHapus
  2. Winda, saya masih ingin mengingatkan kamu tentang hal yang saya posting pada komen di atas.
    Jika kamu menyadari dan mampu memperbaikinya, mudah-mudahan nilaimu maksimal.

    regards,
    di

    BalasHapus