Rabu, 26 Oktober 2011

Layanan Bimbingan "Pemberian informasi"

Secara umum, informasi yang diberikan di dalam suatu layanan bimbingan bertujuan untuk membekali para siswa dengan data dan fakta yang ada di bidang sekolah, bidang pekerjaan, dan bidang perkembangan pribadi-sosial, agar mereka bisa mengatur dan merencanakan kehidupan sendiri. Menurut Hoppock, informasi yang diberikan dapat digunakan oleh siswa sebagai :

- information use = membantu siswa untuk sekedar mengenal alternatif-alternatif yang ada dan variasi kondisi yang berlaku. Informasi mengenai deskripsi singkat tentang mata kuliah dan berapa beban sks dari setiap mata kuliah di buku ungu dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang akan dipelajari dari mata kuliah yang akan diambilnya setiap semester.

-assurance use = untuk memantapkan keputusan yang sedikit banyak sudah diambil . Mahasiswa yang masih ragu-ragu mengenai mata kuliah pilihan yang akan diambil dapat menggunakan informasi yang diberikan oleh dosen PA mengenai sisi positif dan negatif dari mata kuliah tertentu untuk memantapkan pilihan mata kuliah yang akan diambilnya.

-evaluative use = untuk mengecek ketelitian dan kesesuaian pengetahuan yang sudah dimiliki. Diskusi atau belajar bersama dengan teman sekelas dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai pelajaran tertentu; dan secara tidak langsung kita dapat mengcrosscek apakah informasi mengenai pelajaran tertentu sudah benar.


Data dan fakta yang disajikan kepada mahasiswa sebagai informasi dapat dibagi ke dalam beberapa tipe :

1. informasi tentang dunia pekerjaan. Sewaktu kuliah, pernah ada acara temu ramah alumni dimana beliau bekerja di suatu lembaga dan mensharing informasi mengenai apa yang bisa dilakukan mahasiswa psikologi setelah tamat.

2. informasi tentang pendidikan sekolah. Kami pernah diberikan informasi mengenai beasiswa untuk melanjutkan sudi S2 psikologi. Dari beasiswa tersebut, dicantumkan lengkap tentang persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Kami juga diberikan link website untuk mencari beasiswa.


Bentuk bahan informasi ada 4 yaitu :

- lisan = pengalaman yang disharing dosen PA merupakan bentuk informasi secara lisan

- tulisan = pengumuman mengenai jadwal ujian, jadwal ganti kuliah di mading merupakan bentuk informasi tertulis.

- audiovisual = kuliah dengan metode menonton film tertentu merupakan salah satu contoh informasi di dalam bentuk audiovisual. Informasi yang ada di dalam film tersebut adalah bentuk informasi audiovisual.

- disket program komputer = program di website fakultas psikologi untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari nama dan NIM mahasiswa di fakultas psikologi.


Berikut ini akan dibahas harapan mahasiswa terhadap layanan bimbingan "pemberian informasi" di fakultas psikologi USU.

Tipe-tipe informasi yang dapat diberikan kepada mahasiswa, salah satunya adalah :

- informasi tentang proses perkembangan manusia muda serta pemahaman terhadap sesama manusia. Terkadang ada mahasiswa psikologi yang stress dikarenakan tugas yang terlalu banyak, stress ini sebenarnya bukan disebabkan oleh beban tugas yang berlebihan melainkan kemampuan mahasiswa dalam meregulasi diri. Fakultas psikologi dapat mengadakan training kepada mahasiswa tentang bagaimana meregulasi diri di dalam belajar.

-Ada juga mahasiswa yang aktif di dalam organisasi dan terkadang mereka mengalami kesulitan untuk membagi waktu antara kuliah dan berorganisai; mahasiswa ini dapat dibantu dengan pemberian training mengenai bagaimana membagi waktu antara kuliah dan berorganisas. Selain belajar,mahasiswa juga perlu memperluas network melalui kegiatan berorganisasi di kampus

- informasi tentang pendidikan sekolah. Badan yang dibentuk untuk memberikan informasi kepada mahasiswa yang akan melanjutkan studi jenjang S2 di luar negeri.


Bentuk informasi ada 2 yaitu :

- informasi dalam bentuk tertulis. Buku Ungu merupakan salah satu sumber informasi yang terpercaya dan alangkah baiknya jika buku tersebut dapat diupdate setiap tahun.

- informasi dalam bentuk program komputer. Dunia pekerjaan merupakan tempat bagi mahasiswa yang sudah tamat. Dengan beban sks yang mencapai 144 sks dan jumlah mata kuliah yang banyak, alangkah baiknya jika ada sutau program yang dapat memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai pekerjaan yang dapat didapatkannya jika kita mengambil mata kuliah tertentu.


Daftar Pustaka

Winkel, W.S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar