Jumat, 01 Oktober 2010

Oh Ternyata teori Gagne, Psi.Belajar 2

Gagne dikenal sebagai tokoh belajar yang eclectic dimana teorinya merupakan pendekatan kognitif dan pendekatan behavioris. Ciri khas dari Gagne yaitu :

1. 8 tipe belajar gagne
2. Hasil belajar
3. Fase belajar (belajar itu bertahap)

Yang hendak saya bahas adalah 8 fase belajar Gagne dikaitkan dengan kehidupan belajar saya sebagai mahasiswa fakultas Psikologi di Universitas Sumatera Utara. Sebelumnya terlebih dahulu kita bahas apa yang dimaksud dengan 8 fase belajar Gagne.

Menurut Gagne, proses belajar melalui 8 tahapan yaitu :
1. Motivasi
Sebelum proses belajar terjadi, siswa harus termotivasi terhadap pelajaran yang akan dipelajari baik itu merupakan motivasi internal ataupun eksternal. Jika motivasi tidak muncul, guru dapat memberitahuan siswa apa yang akan ia dapat kalau dia berhasil mencapai tujuannya.
2. Apprehending
Siswa menyadari adanya stimulus di lingkungannya
3. Acquisition
Mengkodekan pengetahuan yang dipelajari ke dalam Long term Memory atau Short Term Memory
4. Retention
Proses penyimpanan memori setelah dikodekan
5. Recall
Proses ini terjadi ketika siswa berusaha mengingat kembali pengetahuan yang tadinya disimpan dalam STM atau LTM
6. Generalization
Generalization serupa dengan transfer of learning dimana kita mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari ke dalam situasi yang berbeda.
7. Performance
Setelah semua proses di atas terjadi, kita melakukan performance mengenai pengetahua yang telah didapat. Performance ini berupa perilaku yang dapat diobservasi
8. Feedback
Peran guru sangat besar dalam hal ini dimana guru memberikan feedback melalui penguatan terhadap performansi siswa atau mengkoreksi pengetahuan siswa yang salah.


Kaitan dengan proses belajar
Pada mata kuliah “Psikologi Sosial I”, ada proses belajar yang cukup berbeda dengan 2 semester awal dimana mahasiswa diwajibkan membaca buku sebelum masuk ke kelas. Dosennya akan bertanya tentang materi yang dibaca sebelum kelompok mulai mempresentasikan bahan kuliah dan setiap 2 minggu sekali akan diberikan quiz tentang bahan yang telah diajarkan sebelumnya. Akan ada punishment tertentu jika mahasiswa tidak bisa menjawab pertanyaan dosen. Kebetulan kelompok saya mendapat topik presentasi “First Impression” dan giliran kami bukan presentasi pertama. Jadi kami berkesempatan melihat presentasi kelompok pertama dan hari itu cukup menegangkan untuk kami. Soalnya kelompok tadi dibilang presentasi terlalu lama (pembagian waktu presentasi setiap anggota tidak merata) dan ketika seorang anggota mempresentasikan bahan kurang baik (tidak jelas) diminta untuk duduk dan digganti dengan anggota yang lain. Rasa takut dan tertantang yang menjadi motivasi kami untuk berusaha tampil sebaik mungkin dalam presentasi kelompok. Kami menyadari bahwa ada tekanan dari lingkungan akan tetapi kami termotivasi untuk tampil baik. Seminggu sebelum presentasi, kami membaca dan memahami semua materi baik materi yang akan kami presentasikan sendiri ditambah materi dari anggota lain (1 kelompok dengan saya). Tiga hari sebelum presentasi, kami melakukan latihan presentasi dan diskusi untuk melihat sejauh mana penguasaan materi kami. Dalam diskusi, kami membahas bagian yang agak rancu dan untuk menyamakan pendapat kami tentang topik tersebut. Kendala muncul ketika kami berusaha mencari contoh yang cocok tentang istilah dalam topic presentasi kami, kami membaca ulang kalimat lagi dan berusaha memahami makna kata tersebut dan kami menemukan contoh yang cocok. Hari presentasi tiba, kami presentasi seperti biasa, ketika masuk sesi tanya jawab ada pertanyaan dari teman-teman yang mencakup aplikasi topic ke fenomena di masyarakat, kami berusaha menjawab pertanyaan tersebut. Akan tetapi mungkin kurang tepat, sehingga dosen kami membantu kami untuk meluruskan jawaban kelompok kami. Akan tetapi, akhirnya segala sesuatu berjalan lancar.

Aplikasi dari 8 fase belajar banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari (dari anak-anak sampai dewasa) mulai dari mempelajari pelajaran di sekolah sampai kemampuan/skill tertentu akan tetapi kita tidak tahu kalau itu teori Gagne sebelum kita mengenal teori tersebut.

Daftar Pustaka

Bigge, Morris. 1982. Learning Theories for Teachers. New York : Harper & Row

Tidak ada komentar:

Posting Komentar